Rabu, 05 Oktober 2016

BELAJAR BERPUISI

Belajar menulis Puisi

Sebelum kita membuat sebuah puisi, maka terdapat langkah-langkah yang harus dipahami dan dikuasai. Langkah-langkah tersebut antara lain :
1.      Memilih tema puisi
2.      Membuat judul puisi
3.      Mengumpulkan kata-kata yang indah
4.      Menyusun kata- kata menjadi kalimat
5.      Mengoreksi puisi yang sudah jadi

A.     Memilih Tema Puisi
Tema Puisi adalah pokok masalah yang akan dibicarakan. Sebelum lebih jauh membuat puisi kita harus menentukan tema apa yang akan kita angkat, kita bahas dalam puisi itu. Banyak sekali tema- tema yang bisa kita gunakan untuk menyusun puisi misalnya tema tentang keindahan, tentang persahabatan, tentang perang, lingkungan, dan masih banyak lagi tema yang lainnya. Tema dalam puisi dapat kita peroleh melalui pengalaman pribadi, dapat juga dari pengamatan, atau dapat pula diperoleh dari hasil perenungan (imajinasi).
B.     Membuat Judul Puisi
Setelah tema sudah ditetapkan, langkah berikutnya adalah membuat judul. Antara judul dengan tema harus sesuai. Jangan sampai judul menyimpang dari isi tema puisi yang dibahas.
Manfaat judul puisi di antaranya yaitu:
a.       Sebagai gambaran sekilas tentang tema yang terdapat dalam puisi.
b.      Sebagai pembatas tema dalam sebuah puisi

C.     Mengumpulkan Kata-kata yang Indah
Keindahan puisi  terletak pada diksi kata-kata yang dipilih. Maka dari itu, ketika kita akan menulis puisi, harus pandai-pandai merangkai kata-kata yang indah. Kata – kata indah sering disebut kata puitis. Kata – kata puitis adalah kata  demi kata. Dengan diksi yang tepat, puisi akan  mempunyai nilai keindahan yang tinggi dan makna yang mendalam.

Ada 2 cara yang dapat digunakan dalam mengumpulkan kata-kata yang puitis, yaitu:
1.      Mencari sinonim suatu kata dalam memilih di antara kata-kata tersebut mana yang lebih  memiliki kessan yang indah.
2.      Membuat bahasa kiasan

D.     Menyusun Kata -kata Indah dalam Kalimat
Setelah kata-kata indah sudah diperoleh, selanjutnya adalah merangkai kata-kata tersebut sehingga menjadi kalimat yang indah. Jika kata-kata tersebut belum enak dibaca, maka dapat diubah. Keindahan puisi bukan hanya terletak pada kata- katanya, melainkan juga pada persajaknya.
E.     Mengoreksi Puisi yang Sudah Jadi
Ketika puisi yang telah selesai dibuat, maka tidak perlu terlebih dahulu bangga terhadap puisi yang telah selesai. Langkah terakhir yang harus ditempuh adalah mengoreksi puisi. 
Langkah-langkah mengoreksi puisi yang dapat dilakukan adalah :
1.      Membaca kembali secara berulang – ulang
2.      Mencari kata-kata yang kurang indah dan menggantinya dengan kata yang lebih indah
3.      Menilai puisi oleh orang lain
4.      Menerima kritikan dari orang lain, kalau itu memang demi kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar