Rabu, 05 Oktober 2016

4 TEKNIK MENULIS PUISI SERTA CONTOH

 1.   Puisi dengan Menentukan Kata Kunci (AKU BERMIMPI)

MIMPIKU
Aku bermimpi membelaimu sepanjang waktu
Aku bermimpi menggapai bintang bersama awan
Aku bermimpi awan melambai-lambai menyapaku
Aku bermimpi bersama awan terbang ke angkasa

Aku bermimpi jua tuk memilikimu sepanjang waktu
Aku bermimpi kau miliki aku sepenuh hati
Aku bermimpi meraih cinta sejati
Aku juga bermimpi miliki bidadari bersahaja penuh kehangatan
Aku bermimpi jadi insan kaya raya
Aku bermimpi bersama awan pula aku naik haji tanpa antre

Aku bermimpi memelukmu sepanjang usiaku
Aku bermimpi tuk bahagiakan ayah bunda hingga akhir masa
Akupun bermimpi bersama awan menghantar ayah bunda ke TanahSuci
Aku bermimpi bersamanya pula ku ke Tanah Suci tanpa antre

2.    Puisi  Model Akrostik (Nama Orang atau Benda tertentu)

Akrostikku

Lihatlah tatkala bintang menyapamu
Itulah pertanda saat keberuntungan bagimu
Saat kau menyanjungku penuh simpati
Tidaklah diriku jadi terlena
Ya...justru sanjunganmu menjadikan kalbu terpacu

Alangkah lucu hidupku tatkala  harus menjadi beban belahan jiwaku
Walau hanya seorang bidadari dari sang Bidadara dan bidadari keempat buah hati
Aku harus mampu membantu belahan jiwaku
Tuk jadikan buah hati jadi generasi pemimpin negeri tercinta
Indonesia raya,...agung, memesona nan JAYA

3.    Puisi Memasukkan Unsur Bunyi

TOKEN ITU

Tiiiit...tiiiit...tiiitt...tiiitt... tiiitt...
Saat kutertidur pulas
Mengapa kau selalu berisik mengganggu mimpi indahku
Tiitt...tiitt... tiitt.. tiitt...itu selalu kau suarakan ditelingaku
Hingga membuyarkan mimpi indahku

Cklek..... itulah yang aku lakukan karena suara berisikmu
Kutahan kantuk kubuka pintu itu
Demi mengisi kotak tokenmu
Hingga tidak berbunyi tiitt...tiitt.. lagi

Cklek....
kulanjutkan mimpi indahku... Eesstt....

Bersama desir angin sepoi membelai tidurku...
Heeerrr...kulanjut mimpi indah tanpa suaramu lagi

      4. Puisi (Mendeskripsikan Benda dengan Diri Sendiri/HP)
AKU IDOLA SEMUA INSAN

Terima kasih Ya Rabb...
Terima kasih Ya Rabb, Kau ciptakan aku bermanfaat bagi banyak insan
Karenaku mereka jadi lebih nyaman
Karenaku mereka dapat berbagi ilmu
Karenaku mereka jadi kreatif tak terkira

Tanpaku mereka tak mampu mendobrak benteng tebal pemisah itu
Tanpaku mereka tak mampu berbagi
Denganku mereka saling berbagi rasa nan melepas rindu

Denganku kau panggil-panggil kesayanganmu
Denganku kau panggil-panggil semua yang kau mau
Denganku kau selesaikan masalah itu

Tanpa harus bersua dengannya
kehadiranku mampu membuat mereka tertawa nan ceria
terkadang kehadiranku membuat banyak orang menjadi gila

karena gelak tawa tanpa bersua 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar